Baca Materi ini sebelum menjawab pertanyaan !

Pengujian perangkat lunak (software testing) adalah bagian integral dari sebuah pembangunan perangkat lunak (software development). Sering kali, pembangunan sebuah perangkat lunak disempitkan dengan pengkodean (coding) atau pemrograman dan pengujian perangkat lunak adalah salah satu proses vital dalam pembangunan perangkat lunak yang sering diabaikan.

Padahal proses ini sangat penting, terutama untuk pembangunan perangkat lunak yang akan diproduksi secara massal (mass production) yang menuntut adanya jaminan mutu dan bebas kesalahan (bug-free) sebelum masuk pada tahap produksi. Meskipun begitu, untuk pembangunan perangkat lunak berdiri sendiri (standalone) atau dibangun untuk keperluan tertentu (in-house development), proses pengujian akan dapat menurunkan biaya pembangunan (development cost) dan biaya perawatan (maintenance cost).

Tulisan ini bertujuan memberikan gambaran umum tentang pengujian perangkat lunak dan mengklarisifikasi beberapa istilah yang sering membingungkan. Secara umum pengujian perangkat lunak adalah satu proses mengeksekusi perangkat lunak yang dibangunkan untuk mendeteksi dan menemukan perbedaan antara aktual dan yang dirancang atau diperlukan atau dituntut atau diharapkan. Lebih detilnya, definisi “Testing” menurut American National Standards Institute dan IEEE adalah sebagai berikut:

“A process of analyzing a software item to detect the differences between existing and required conditions (that is defects/errors/bugs) and to evaluate the features of the software item”

Dapat dikatakan bahwa tujuan utama pengujian perangkat lunak adalah untuk memastikan tidak ada kesalahan dengan ekspektasi yang diharapkan yang tertuang dalam rencana dan perancangan yang telah dibuat dan disetujui sebelumnya.

Lalu kapan sebenarnya pengujian perangkat lunak itu perlu dilakukan dan kapan pengujian harus diakhiri? Tidak ada satu petunjuk yang memastikan kapan harus dimulai, tetapi ditahun 1976 Boehm menyimpulkan dari beberapa studi kasus di beberapa perusahaan besar IT dunia, bahwa semakin lambat satu kesalahan ditemukan, maka biaya perbaikannya akan meningkat pesat secara exponensial seperti digambar berikut.

Menentukan kapan pengujian perangkat lunak harus dihentikan lebih sulit lagi, karena tidak ada seseorang pun yang dapat mengatakan bahwa perangkat lunaknya telah teruji 100%.  Akan tetapi ada beberapa kondisi atau keadaan dimana bisa dipertimbangkan bahwa pengujian suatu perangkat lunak bisa dihentikan.

Pertama, bila tenggat (batas akhir) waktu pengujian telah ditentukan dan telah sampai waktu tenggatnya.

Kedua, bila eksekusi dengan skenario hasil yang ditetapkan telah selesai.

Ketiga, bila fungsi yang harus ada dan tingkat pengkodean telah mencapai batas tertentu.

Keempat, bila tingkat kesalahan (bug rate) turun pada level yang bisa ditolerir dan tidak ada kesalahan fatal yang terindentifikasi.

Dan, terakhir apabila ada keputusan dari pihak manajemen.

 

jawablah pertanyaan berikut ini :

  1. Menurut anda apa yang akan terjadi apabila pengujian perangkat lunak semakin lama kita lakukan ? jelaskan !
  2. Dan Kalaupun Kita Gagal dalam melakukan pengujian Perangkat lunak maka apa yang akan terjadi ? jelaskan !

kalian bisa gunakan semua referensi yang ada di internet untuk menjawab pertanyaan tersebut dan jangan asal jawab , baca materi jawaban yang kalian temukan yang menurut kalian cocok untuk menjawab 2 pertanyaan tersebut diatas.

jawablah pertanyaan tersebut langsung pada kolom komentar dibawah materi ini, apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan tanyakan pada kolom komentar dibawah ini juga .

33 thoughts on “Penjelasan Pengujian Perangkat Lunak

  • MUHAMMAD HENDY

    NAMA : MUHAMMAD HENDY
    NIM : C1555201012
    KLS : TI A
    JAWABAN :
    1. Menurut saya yang akan terjadi apabila pengujian perangkat lunak semakin lama kita lakukan yaitu dapat menurunkan biaya pembangunan (development cost) dan biaya perawatan (maintenance cost). Karena jika semakin lambat satu kesalahan ditemukan, maka biaya perbaikannya akan meningkat pesat secara exponensial .
    2. Jika dalam pengujian perangkat lunak gagal maka yang akan terjadi adalah rendahnya jaminan kualitas perangkat lunak karena tidak sesuai dengan rencana dan perancangan yang dibuat dan disetujui. Maka yang akan terjadi biaya perbaikannya akan meningkat pesat secara exponensial dan itu harus di ulang dari awal lagi .

  • *Novia Santi

    Nama : Novia Triana Santi
    NIM : C1555201034
    1. Menurut pendapat saya :
    Apabila proses perangkat lunak semakin lama di lakukan maka berkurangnya kesalahan
    atau error, menambah implikasinya yang mengacu pada kualitas perangkat lunak,
    meningkatnya visibilitas (kemampuan) perangkat lunak sebagai suatu elemen sistem,
    menurunkan biaya pembangunan (development cost) dan biaya perawatan (maintenance
    cost). Karena pengujian tidak dilakukan maka tingkat eror akan bertambah banyak dan akan
    membutuhkan biaya yg sangat mahal. Jika pengujiannya dilakukan dalam waktu yg lama,
    maka akan membuat suatu sistem tersebut dapat teruji.
    2. Jika proses kita gagal :Dalam
    pengujian perangkat lunak maka yang akan terjadi adalah rendahnya jaminan kualitas
    perangkat lunak karena tidak sesuai dengan rencana dan perancangan yang dibuat dan
    disetujui. Maka yang akan terjadi biaya perbaikannya akan meningkat pesat secara
    exponensial dan itu harus di ulang dari awal lagi.

  • Hendri Jaya

    Nama: hendri jaya
    NIM : C1555201035
    Kelas : TI-A

    Jawaban:
    1. Menurut saya Dalam pembuatan perangkat lunak tentunya kita sering menghadapi “bug” atau kesalahan “error” pada proses-proses tertentu. Untuk menghindari banyaknya bug maka diperlukan pengujian perangkat lunak, sebelum perangkat lunak yang telah kita buat diberikan ke pelanggan atau selama perangkat lunak masih terus dikembangkan. Pada dasarnya pentingnya pengujian perangkat lunak mengacu pada kualitas perangkat lunak tersebut.
    2. Kalaupun Kita Gagal dalam melakukan pengujian Perangkat lunak maka yang akan terjadi adalah untuk memastikan tidak ada kesalahan dan sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan yang tertuang dalam rencana dan perancangan yang telah dibuat dan disetujui sebelumnya.

  • Leonardo Agustinus

    Nama: Leonardo Agustinus
    NIM: C1555201132
    Kelas: TI/A

    NAMA : Mu’ammar Rusdi
    NIM : C1555201044
    1. Yang akan terjadi Menurut Saya adalah yang dimana proses pengujian akan dapat menurunkan secara signifikan biaya pembangunan (development cost) dan biaya perawatan (maintenance cost) serta semakin lambatnya satu kesalahan ditemukan, maka biaya perbaikannya akan meningkat pesat secara exponensial. Namun akan tetapi secara analisis sistemnya akan teruji lebih baik dan secara efesien. Dikarenakan semakin lamanya pengujian, maka otomatis seringnya juga perangkat lunak tersebut di Uji.
    2. Tujuan utama pengujian perangkat lunak adalah untuk memastikan tidak ada kesalahan dengan ekspektasi yang diharapkan yang tertuang dalam rencana dan perancangan yang telah dibuat dan disetujui sebelumnya. Jadi jika kita gagal dalam melakukan pengujian perangkat lunak maka yang terjadi adalah kita tidak dapat menemukan kesalahan dan tidak dapat menyesuaikan perangkat lunak kita sesuai dengan yang dirancang atau diperlukan atau dituntut atau diharapkan sebelumnya.

  • Anis Rizky Setyorini

    NAMA : Anis Rizky Setyorini
    NIM : C1555201016
    KELAS : TI-A
    Semester : V(LIMA)
    1. Menurut saya yang akan terjadi apabila pengujian perangkat lunak semakin lama kita lakukan yaitu berkurangnya kesalahan atau error, menambah implikasinya yang mengacu pada kualitas perangkat lunak, meningkatnya visibilitas (kemampuan) perangkat lunak sebagai suatu elemen sistem, menurunkan biaya pembangunan (development cost) dan biaya perawatan (maintenance cost). Karena jika semakin lambat satu kesalahan ditemukan, maka biaya perbaikannya akan meningkat pesat secara exponensial.
    2. Tujuan utama pengujian perangkat lunak adalah untuk memastikan tidak ada kesalahan dengan ekspektasi yang diharapkan yang tertuang dalam rencana dan perancangan yang telah dibuat dan disetujui sebelumnya. Jadi jika kita gagal dalam melakukan pengujian perangkat lunak maka yang terjadi adalah kita tidak dapat menemukan kesalahan dan tidak dapat menyesuaikan perangkat lunak kita sesuai dengan yang dirancang atau diperlukan atau dituntut atau diharapkan sebelumnya.

  • Yohana Setia Ningrum*

    Nama : Yohana Setia Ningrum
    NIM : C1555201002
    Kelas : TI – A
    Jawaban :
    1. Menurut pendapat saya apabila proses perangkat lunak semakin lama di lakukan maka berkurangnya kesalahan atau error, menambah implikasinya yang mengacu pada kualitas perangkat lunak, meningkatnya visibilitas (kemampuan) perangkat lunak sebagai suatu elemen sistem, menurunkan biaya pembangunan (development cost) dan biaya perawatan (maintenance cost). Karena jika semakin lambat satu kesalahan ditemukan, maka biaya perbaikannya akan meningkat pesat secara exponensial.

    2. Jika proses kita gagal dalam pengujian perangkat lunak maka yang akan terjadi adalah rendahnya jaminan kualitas perangkat lunak karena tidak sesuai dengan rencana dan perancangan yang dibuat dan disetujui. Maka yang akan terjadi biaya perbaikannya akan meningkat pesat secara exponensial dan itu harus di ulang dari awal lagi .

  • Irwan

    Nama : Irwan
    NIM : C1555201045
    Kelas : TI/A
    Semester : V (Lima)

    1. Yang akan terjadi Menurut Saya adalah yang dimana proses pengujian akan dapat menurunkan secara signifikan biaya pembangunan (development cost) dan biaya perawatan (maintenance cost) serta semakin lambatnya satu kesalahan ditemukan, maka biaya perbaikannya akan meningkat pesat secara exponensial. Namun akan tetapi secara analisis sistemnya akan teruji lebih baik dan secara efesien. Dikarenakan semakin lamanya pengujian, maka otomatis seringnya juga perangkat lunak tersebut di Uji.

    2. Jika Kita Gagal dalam melakukan pengujian Perangkat lunak maka yang akan terjadi adalah :
    Dapat dikatakan bahwa tujuan utama pengujian perangkat lunak adalah untuk memastikan tidak ada kesalahan dan sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan yang tertuang dalam rencana dan perancangan yang telah dibuat dan disetujui. jika Kita Gagal dalam melakukan pengujian Perangkat lunak, maka yang akan terjadi biaya perbaikannya akan meningkat pesat secara exponensial dan itu harus di ulang dari awal lagi .

  • Andreyan Dwiyanto *

    NAMA : Andreyan Dwiyanto
    NIM : C1555201033
    KELAS : TI-A
    Semester : V(LIMA)
    1. Menurut saya yang akan terjadi apabila pengujian perangkat lunak semakin lama kita lakukan yaitu berkurangnya kesalahan atau error, menambah implikasinya yang mengacu pada kualitas perangkat lunak, meningkatnya visibilitas (kemampuan) perangkat lunak sebagai suatu elemen sistem, menurunkan biaya pembangunan (development cost) dan biaya perawatan (maintenance cost). Karena jika semakin lambat satu kesalahan ditemukan, maka biaya perbaikannya akan meningkat pesat secara exponensial.
    2. Tujuan utama pengujian perangkat lunak adalah untuk memastikan tidak ada kesalahan dengan ekspektasi yang diharapkan yang tertuang dalam rencana dan perancangan yang telah dibuat dan disetujui sebelumnya. Jadi jika kita gagal dalam melakukan pengujian perangkat lunak maka yang terjadi adalah kita tidak dapat menemukan kesalahan dan tidak dapat menyesuaikan perangkat lunak kita sesuai dengan yang dirancang atau diperlukan atau dituntut atau diharapkan sebelumnya.

  • Mu'ammar Rusdi*

    NAMA : Mu’ammar Rusdi
    NIM : C1555201044
    1. Yang akan terjadi Menurut Saya adalah yang dimana proses pengujian akan dapat menurunkan secara signifikan biaya pembangunan (development cost) dan biaya perawatan (maintenance cost) serta semakin lambatnya satu kesalahan ditemukan, maka biaya perbaikannya akan meningkat pesat secara exponensial. Namun akan tetapi secara analisis sistemnya akan teruji lebih baik dan secara efesien. Dikarenakan semakin lamanya pengujian, maka otomatis seringnya juga perangkat lunak tersebut di Uji.
    2. Tujuan utama pengujian perangkat lunak adalah untuk memastikan tidak ada kesalahan dengan ekspektasi yang diharapkan yang tertuang dalam rencana dan perancangan yang telah dibuat dan disetujui sebelumnya. Jadi jika kita gagal dalam melakukan pengujian perangkat lunak maka yang terjadi adalah kita tidak dapat menemukan kesalahan dan tidak dapat menyesuaikan perangkat lunak kita sesuai dengan yang dirancang atau diperlukan atau dituntut atau diharapkan sebelumnya.

  • Moch. Noor Hidayat

    NAMA : MOCH. NOOR HIDAYAT
    NIM : C1555201031
    KELAS : TI-A
    Semoga Tidak Terlambat..

    JAWABAN :
    1. Jadi semakin lama Pengujian software pastilah akan mengurangi bug-free, kenapa? karena pengujian software adalah salah satu proses vital dalam pembangunan sebuah perangkat lunak. yang menuntut adanya jaminan mutu dan kesalahan(bug-free) tetapi semakin lama Proses pengujian juga mempengaruhi masa penggunaan suatu perangkat lunak. jadi Semakin rinci proses pengujian yang dilakukan, maka akan semakin lama rentang waktu yang diperlukan antara maintenance satu dengan lainnya. biaya untuk testernya juga pasti akan lebih mahal. sebaiknya kita sebagai tester atau pengujian software bisa memberikan informasi terhadap sebuah software yang kita uji agar sekiranya bisa digunakan optimal dan efisien dalam jangka waktu yang lama. agar tidak semakin lama proses pengujian terhadap sebuah software yang diuji.

    2. kegagalan suatu produk cara satu-satunya adalah kita melakukan perbaikan sistem yang mengalami kegagalan. satu kegagalan saja akan itu akan menambah biaya puluhan juta untuk memperbaikinya. semakin tinggi tingkat kegagalannya itu akan mempengaruhi tingkat kualitasnya sebuah software. Jadi perlu berhati-hati dalam pengujian sebuah software.

  • JEPLY

    NAMA : JEPLY
    NIM : C1555201004
    KELAS : TI-A (V)
    JAWABAN
    1. Dalam pengujian perangkat lunak apabila semakin lama dilakukan, maka :
    – Yang pertama akan menurunkan biaya pembangunan (development cost)
    – Dan yang kedua akan menurunkan biaya dari perawatan (maintenance cost)
    Maintenance cost (biaya perawatan) adalah biaya yang dikeluarkan untuk merawat sistem dalam masa operasinya.
    Karena jika semakin lambat sebuah kesalahan ditemukan, maka biaya perbaikannya akan meningkat pesat secara exponensial
    2. Dapat dikatakan bahwa tujuan utama pengujian perangkat lunak adalah untuk memastikan tidak ada kesalahan dan sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan yang tertuang dalam rencana dan perancangan yang telah dibuat dan disetujui. jika Kita Gagal dalam melakukan pengujian Perangkat lunak, maka yang akan terjadi biaya perbaikannya akan meningkat pesat secara exponensial

  • Puteri Diah Puspita Erliandry

    kenapa jawabannya tidak bisa terkirim pa?

    • masrommi Post author

      bukan tidak terkirim , tapi setiap jawaban yang masuk harus melalui persetujuan dulu sebelum ditampilkan

  • Puteri Diah Puspita Erliandry

    Nama : puteri diah puspita erliandry
    NIM : C1555201036
    Kelas : TI – A
    Jawaban :
    1. Menurut saya apabila perangkat lunak semakin lama di lakukan maka berkurangnya kesalahan atau error, menambah implikasinya yang mengacu pada kualitas perangkat lunak, meningkatnya visibilitas (kemampuan) perangkat lunak sebagai suatu elemen sistem, menurunkan biaya pembangunan (development cost) dan biaya perawatan (maintenance cost). Karena jika semakin lambat satu kesalahan ditemukan, maka biaya perbaikannya akan meningkat pesat secara exponensial.
    2. Apabila kita gagal melakukan pengujian perangkat lunak maka akan ada beberapa hal yang terjadi :
    a. Tidak ada kesalahan yang terjadi pada perangkat lunak
    b. Tidak ada perbaikan lagi oleh programmer yang membuat perangkat lunak tersebut
    c. Tidak ada cacat pada perangkat lunak
    d. perangkat lunak dapat berfungsi sebagaimana mestinya
    e. Tidak ada error yang ditemukan
    f. Perangkat lunak sudah siap digunakan
    g. Programmer berhasil dalam membuat perangkat lunak.

  • CEN YUPAN WEA

    NAMA: CEN YUPAN WEA
    NIM: C15552013
    KLS:TI.A

    JAWABAN
    1. Menurut saya Dalam pembuatan perangkat lunak tentunya kita sering menghadapi “bug” atau kesalahan “error” pada proses-proses tertentu. Untuk menghindari banyaknya bug maka diperlukan pengujian perangkat lunak, sebelum perangkat lunak yang telah kita buat diberikan ke pelanggan atau selama perangkat lunak masih terus dikembangkan. Pada dasarnya pentingnya pengujian perangkat lunak mengacu pada kualitas perangkat lunak tersebut.
    2. Kalaupun Kita Gagal dalam melakukan pengujian Perangkat lunak maka yang akan terjadi adalah untuk memastikan tidak ada kesalahan dan sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan yang tertuang dalam rencana dan perancangan yang telah dibuat dan disetujui sebelumnya.

  • Fauzan Ishan

    Nama : Fauzan Ishan
    NIM : C1555201003
    Kelas : TI – A
    Jawaban :
    1. Menurut saya yang akan terjadi apabila pengujian perangkat lunak semakin lama kita lakukan yaitu dapat menurunkan biaya pembangunan (development cost) dan biaya perawatan (maintenance cost). Karena jika semakin lambat satu kesalahan ditemukan, maka biaya perbaikannya akan meningkat pesat secara exponensial .
    2. Jika dalam pengujian perangkat lunak gagal maka yang akan terjadi adalah rendahnya jaminan kualitas perangkat lunak karena tidak sesuai dengan rencana dan perancangan yang dibuat dan disetujui. Maka yang akan terjadi biaya perbaikannya akan meningkat pesat secara exponensial dan itu harus di ulang dari awal lagi .

  • Amelia Rohmah *

    1. Menurut pendapat saya semakin lambat satu kesalahan ditemukan dalam pengujian perangkat lunak, maka biaya perbaikannya akan meningkat pesat secara exponensial. Akan tetapi ada beberapa kondisi atau keadaan dimana bisa dipertimbangkan bahwa pengujian suatu perangkat lunak bisa dihentikan. Pertama, bila tengat waktu pengujian telah ditentukan dan telah sampai waktu tengatnya. Kedua, bila eksekusi dengan skenario hasil yang ditetapkan telah selesai. Ketiga, bila fungsi yang harus ada dan tingkat pengkodean telah mencapai batas tertentu. Keempat, bila tingkat kesalahan (bug rate) turun pada level yang bisa ditolerir dan tidak ada kesalahan fatal yang terindentifikasi. Dan, terakhir apabila ada keputusan dari pihak manajemen.

    2. Jika dalam pengujian perangkat lunak gagal maka yang akan terjadi adalah rendahnya suatu jaminan kualitas perangkat lunak karena tidak sesuai dengan rencana dan perancangan yang dibuat dan disetujui. Maka yang akan terjadi biaya perbaikannya akan meningkat sanga lt pesat secara exponensial dan itu harus di ulang dari awal sebuah proses.

  • elisia

    NAMA : ELISIA
    NIM : C1555201009
    KLS : TI A
    JAWABAN :
    1. Menurut saya yang akan terjadi apabila pengujian perangkat lunak semakin lama kita lakukan yaitu dapat menurunkan biaya pembangunan (development cost) dan biaya perawatan (maintenance cost). Karena jika semakin lambat satu kesalahan ditemukan, maka biaya perbaikannya akan meningkat pesat secara exponensial .
    2. Jika dalam pengujian perangkat lunak gagal maka yang akan terjadi adalah rendahnya jaminan kualitas perangkat lunak karena tidak sesuai dengan rencana dan perancangan yang dibuat dan disetujui. Maka yang akan terjadi biaya perbaikannya akan meningkat pesat secara exponensial dan itu harus di ulang dari awal lagi .

  • KRESY ISA MANJA

    Nama :Kresy Isa Manja
    NIM :C1555201008
    Kelas :TI-A
    Jawaban :
    1. Menurut pendapat saya yang akan terjadi apabila pengujian perangkat lunak semakin lama kita lakukan yaitudapat menurunkan biaya pembangunan (development cost) dan biaya perawatan (maintenance cost).
    Karena jika semakin lambat satu kesalahan ditemukan, maka biaya perbaikannya akan meningkat pesat secara exponensial .
    2. Jika kita gagal dalam pengujian perangkat lunak maka yang akan terjadi adalah rendahnya jaminan kualitas perangkat lunak karena tidak sesuai dengan rencana dan perancangan yang dibuat dan disetujui. Maka yang akan terjadi biaya perbaikannya akan meningkat pesat secara exponensial dan itu harus di ulang dari awal lagi .

  • Pebriansyah

    Nama : Pebriansyah
    NIM : C1455201021
    Kelas : TI/A
    JAWABAN
    1). Menurut saya yang akan terjadi apabila pengujian perangkat lunak semakin lama kita lakukan yaitu berkurangnya kesalahan atau error, menambah implikasinya yang mengacu pada kualitas perangkat lunak, meningkatnya visibilitas (kemampuan) perangkat lunak sebagai suatu elemen sistem, menurunkan biaya pembangunan (development cost) dan biaya perawatan (maintenance cost). Karena jika semakin lambat satu kesalahan ditemukan, maka biaya perbaikannya akan meningkat pesat secara exponensial.
    2). Pengujian adalah proses menjalankan sebuah program dengan maksud menemukan kesalahan-kesalahan (error). Dan Kalaupun Kita Gagal dalam melakukan pengujian Perangkat lunak maka yang akan terjadi yaitu antara lain :
    a. Proses eksekusi dan pengujian suatu program semakin lambat karena menemukan kesalahan dan kegagalan.
    b. Kontralabilitas, yaitu : “Semakin sulit kita dapat mengontrol perangkat lunak, semakin banyak pengujian yang dapat diotomasisasi dan dioptimalkan”.
    c. Kesederhanaan, yaitu : “Semakin banyak yang kita uji, semakin lambat kita dapat mengujinya’.
    d. Stabilitas, yaitu : “Semakin banyak perubahan, semakin banyak pula gangguan dalam pengujian’.
    e. Bertambahnya biaya

  • Otong J

    NAMA : OTONG
    NIM : C1555201024
    KELAS : TI-A (V)
    JAWABAN
    1. Dalam pengujian perangkat lunak apabila semakin lama dilakukan, maka :
    – Yang pertama akan menurunkan biaya pembangunan (development cost)
    – Dan yang kedua akan menurunkan biaya dari perawatan (maintenance cost)
    Maintenance cost (biaya perawatan) adalah biaya yang dikeluarkan untuk merawat sistem dalam masa operasinya.
    Karena jika semakin lambat sebuah kesalahan ditemukan, maka biaya perbaikannya akan meningkat pesat secara exponensial

    2. Tujuan utama pengujian perangkat lunak adalah untuk memastikan tidak ada kesalahan dengan ekspektasi yang diharapkan yang tertuang dalam rencana dan perancangan yang telah dibuat dan disetujui sebelumnya. Jadi jika kita gagal dalam melakukan pengujian perangkat lunak maka yang terjadi adalah kita tidak dapat menemukan kesalahan dan tidak dapat menyesuaikan perangkat lunak kita sesuai dengan yang dirancang atau diperlukan atau dituntut atau diharapkan sebelumnya.

  • OKTA PRIYANTO

    NAMA : OKTA PRIYANTO
    NIM : C1555201001
    RUANGAN : TI-A
    SEMETER : V (Lima)

    1. Yang akan terjadi Menurut Saya adalah yang dimana proses pengujian akan dapat menurunkan secara signifikan biaya pembangunan (development cost) dan biaya perawatan (maintenance cost) serta semakin lambatnya satu kesalahan ditemukan, maka biaya perbaikannya akan meningkat pesat secara exponensial. Namun akan tetapi secara analisis sistemnya akan teruji lebih baik dan secara efesien. Dikarenakan semakin lamanya pengujian, maka otomatis seringnya juga perangkat lunak tersebut di Uji.

    2. Maka yang terjadi adalah tidak dapatnya, Kita menemukan kesalahan dan tidak dapatnya menyesuaikan perangkat lunak Kita sesuai dengan yang dirancang atau diharapkan sebelumnya. Serta berpengaruh pada rendahnya Jaminan Kualitas perangkat lunak tersebut karena menurut Saya sebelumnya tidak sesuainya dengan rancangan yang ingin dibuat dan disetujui. Maka yang akan terjadi juga, biaya perbaikannya akan meningkat pesat secara exponensial dan itu harus di ulang dari awal lagi.

  • MUHAMMAD HENDY

    Nama : MUHAMMAD HENDY
    Nim : C1555201012
    Kelas : TI-A

    1. Menurut pendapat saya semakin lambat satu kesalahan ditemukan dalam pengujian perangkat lunak, maka biaya perbaikannya akan meningkat pesat secara exponensial seperti digambar berikut. Akan tetapi ada beberapa kondisi atau keadaan dimana bisa dipertimbangkan bahwa pengujian suatu perangkat lunak bisa dihentikan. Pertama, bila tengat waktu pengujian telah ditentukan dan telah sampai waktu tengatnya. Kedua, bila eksekusi dengan skenario hasil yang ditetapkan telah selesai. Ketiga, bila fungsi yang harus ada dan tingkat pengkodean telah mencapai batas tertentu. Keempat, bila tingkat kesalahan (bug rate) turun pada level yang bisa ditolerir dan tidak ada kesalahan fatal yang terindentifikasi. Dan, terakhir apabila ada keputusan dari pihak manajemen.

    2. Jika dalam pengujian perangkat lunak gagal maka yang akan terjadi adalah rendahnya jaminan kualitas perangkat lunak karena tidak sesuai dengan rencana dan perancangan yang dibuat dan disetujui. Maka yang akan terjadi biaya perbaikannya akan meningkat pesat secara exponensial dan itu harus di ulang dari awal lagi .

  • jimi prasetio

    Nama : Jimi Prasetio
    Nim : C1555201040
    Kelas : TI A
    jawaban:
    1 . Menurut pendapat saya semakin lambat satu kesalahan ditemukan dalam pengujian perangkat lunak, maka biaya perbaikannya akan meningkat pesat secara exponensial seperti digambar berikut. Akan tetapi ada beberapa kondisi atau keadaan dimana bisa dipertimbangkan bahwa pengujian suatu perangkat lunak bisa dihentikan. Pertama, bila tengat waktu pengujian telah ditentukan dan telah sampai waktu tengatnya. Kedua, bila eksekusi dengan skenario hasil yang ditetapkan telah selesai. Ketiga, bila fungsi yang harus ada dan tingkat pengkodean telah mencapai batas tertentu. Keempat, bila tingkat kesalahan (bug rate) turun pada level yang bisa ditolerir dan tidak ada kesalahan fatal yang terindentifikasi. Dan, terakhir apabila ada keputusan dari pihak manajemen.

    2. Jika dalam pengujian perangkat lunak gagal maka yang akan terjadi adalah rendahnya jaminan kualitas perangkat lunak karena tidak sesuai dengan rencana dan perancangan yang dibuat dan disetujui. Maka yang akan terjadi biaya perbaikannya akan meningkat pesat secara exponensial dan itu harus di ulang dari awal lagi .

  • Jefffry *

    Nama : Jeffry
    Nim : C1555201021
    Kelas : TI-A

    1. Menurut pendapat saya semakin lambat satu kesalahan ditemukan dalam pengujian perangkat lunak, maka biaya perbaikannya akan meningkat pesat secara exponensial seperti digambar berikut. Akan tetapi ada beberapa kondisi atau keadaan dimana bisa dipertimbangkan bahwa pengujian suatu perangkat lunak bisa dihentikan. Pertama, bila tengat waktu pengujian telah ditentukan dan telah sampai waktu tengatnya. Kedua, bila eksekusi dengan skenario hasil yang ditetapkan telah selesai. Ketiga, bila fungsi yang harus ada dan tingkat pengkodean telah mencapai batas tertentu. Keempat, bila tingkat kesalahan (bug rate) turun pada level yang bisa ditolerir dan tidak ada kesalahan fatal yang terindentifikasi. Dan, terakhir apabila ada keputusan dari pihak manajemen.

    2. Jika dalam pengujian perangkat lunak gagal maka yang akan terjadi adalah rendahnya jaminan kualitas perangkat lunak karena tidak sesuai dengan rencana dan perancangan yang dibuat dan disetujui. Maka yang akan terjadi biaya perbaikannya akan meningkat pesat secara exponensial dan itu harus di ulang dari awal lagi .

  • David Yohanes Saputra *

    Nama : David Yohanes Saputra
    Nim : C1555201022
    Kelas : TI-A

    1. Menurut pendapat saya semakin lambat satu kesalahan ditemukan dalam pengujian perangkat lunak, maka biaya perbaikannya akan meningkat pesat secara exponensial seperti digambar berikut. Akan tetapi ada beberapa kondisi atau keadaan dimana bisa dipertimbangkan bahwa pengujian suatu perangkat lunak bisa dihentikan. Pertama, bila tengat waktu pengujian telah ditentukan dan telah sampai waktu tengatnya. Kedua, bila eksekusi dengan skenario hasil yang ditetapkan telah selesai. Ketiga, bila fungsi yang harus ada dan tingkat pengkodean telah mencapai batas tertentu. Keempat, bila tingkat kesalahan (bug rate) turun pada level yang bisa ditolerir dan tidak ada kesalahan fatal yang terindentifikasi. Dan, terakhir apabila ada keputusan dari pihak manajemen.

    2. Jika dalam pengujian perangkat lunak gagal maka yang akan terjadi adalah rendahnya jaminan kualitas perangkat lunak karena tidak sesuai dengan rencana dan perancangan yang dibuat dan disetujui. Maka yang akan terjadi biaya perbaikannya akan meningkat pesat secara exponensial dan itu harus di ulang dari awal lagi .

  • Muhammad Alfin *

    Nama: Muhammad Alfin
    Nim : C1555201019
    Kelas : TI-A

    1. Menurut saya semakin lambat satu kesalahan ditemukan dalam pengujian perangkat lunak, maka biaya perbaikannya akan meningkat pesat secara exponensial seperti digambar berikut. Akan tetapi ada beberapa kondisi atau keadaan dimana bisa dipertimbangkan bahwa pengujian suatu perangkat lunak bisa dihentikan. Pertama, bila tengat waktu pengujian telah ditentukan dan telah sampai waktu tengatnya. Kedua, bila eksekusi dengan skenario hasil yang ditetapkan telah selesai. Ketiga, bila fungsi yang harus ada dan tingkat pengkodean telah mencapai batas tertentu. Keempat, bila tingkat kesalahan (bug rate) turun pada level yang bisa ditolerir dan tidak ada kesalahan fatal yang terindentifikasi. Dan, terakhir apabila ada keputusan dari pihak manajemen.

    2. Jika kita gagal dalam pengujian perangkat lunak maka yang akan terjadi adalah rendahnya jaminan kualitas perangkat lunak karena tidak sesuai dengan rencana dan perancangan yang dibuat dan disetujui. Maka yang akan terjadi biaya perbaikannya akan meningkat pesat secara exponensial dan itu harus di ulang dari awal lagi .

  • Jhason Gemilang

    Nama : Jhason Gemilang
    Nim : C1555201025
    Kelas : TI-A

    1. Menurut saya semakin lambat satu kesalahan ditemukan dalam pengujian perangkat lunak, maka biaya perbaikannya akan meningkat pesat secara exponensial seperti digambar berikut. Akan tetapi ada beberapa kondisi atau keadaan dimana bisa dipertimbangkan bahwa pengujian suatu perangkat lunak bisa dihentikan. Pertama, bila tengat waktu pengujian telah ditentukan dan telah sampai waktu tengatnya. Kedua, bila eksekusi dengan skenario hasil yang ditetapkan telah selesai. Ketiga, bila fungsi yang harus ada dan tingkat pengkodean telah mencapai batas tertentu. Keempat, bila tingkat kesalahan (bug rate) turun pada level yang bisa ditolerir dan tidak ada kesalahan fatal yang terindentifikasi. Dan, terakhir apabila ada keputusan dari pihak manajemen.

    2. Jika kita gagal dalam pengujian perangkat lunak maka yang akan terjadi adalah rendahnya jaminan kualitas perangkat lunak karena tidak sesuai dengan rencana dan perancangan yang dibuat dan disetujui. Maka yang akan terjadi biaya perbaikannya akan meningkat pesat secara exponensial dan itu harus di ulang dari awal lagi .

  • AFIT RAMULUS

    NAMA : AFIT RAMULUS
    NIM : C1555201015
    KELAS : A
    JAWAB :
    1. Menurut saya yang akan terjadi apabila pengujian perangkat lunak semakin lama kita lakukan yaitu, proses pengujian akan dapat menurunkan secara signifikan biaya pembangunan (development cost) dan biaya perawatan (maintenance cost) dan semakin lambat satu kesalahan ditemukan, maka biaya perbaikannya akan meningkat pesat secara exponensial.
    2. Kalaupun Kita Gagal dalam melakukan pengujian Perangkat lunak maka yang akan terjadi adalah untuk memastikan tidak ada kesalahan dan sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan yang tertuang dalam rencana dan perancangan yang telah dibuat dan disetujui sebelumnya.

  • Trihardianto Timang

    Nama : Trihardianto Timang
    Nim : C1555201011
    Kelas : TI A
    Jawaban:
    1 . Menurut saya sendiri yang akan terjadi apabila pengujian perangkat lunak semakin lama kita lakukan yaitu dapat menurunkan biaya pembangunan (development cost) dan biaya perawatan (maintenance cost).
    2 . Dapat dikatakan bahwa tujuan utama pengujian perangkat lunak adalah untuk memastikan tidak ada kesalahan dan sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan yang tertuang dalam rencana dan perancangan yang telah dibuat dan disetujui. jika Kita Gagal dalam melakukan pengujian Perangkat lunak, maka yang akan terjadi biaya perbaikannya akan meningkat pesat secara exponensial dan itu harus di ulang dari awal lagi .

  • Yuf Heri

    Nama : Yuf Heri
    NIM : C1555201005
    Kelas : A
    Jawaban :
    1. Menurut saya yang akan terjadi apabila pengujian perangkat lunak semakin lama kita lakukan yaitu dapat menurunkan biaya pembangunan (development cost) dan biaya perawatan (maintenance cost). Karena jika semakin lambat satu kesalahan ditemukan, maka biaya perbaikannya akan meningkat pesat secara exponensial .
    2. Dapat dikatakan bahwa tujuan utama pengujian perangkat lunak adalah untuk memastikan tidak ada kesalahan dan sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan yang tertuang dalam rencana dan perancangan yang telah dibuat dan disetujui. jika Kita Gagal dalam melakukan pengujian Perangkat lunak, maka yang akan terjadi biaya perbaikannya akan meningkat pesat secara exponensial

  • Teti Sumarni

    Nama : Teti Sumarni
    NIM : C1555201023
    Kelas : A
    Jawaban :
    1. Menurut saya yang akan terjadi apabila pengujian perangkat lunak semakin lama kita lakukan yaitu dapat menurunkan biaya pembangunan (development cost) dan biaya perawatan (maintenance cost). Karena jika semakin lambat satu kesalahan ditemukan, maka biaya perbaikannya akan meningkat pesat secara exponensial .
    2. Secara umum pengujian perangkat lunak adalah satu proses mengeksekusi perangkat lunak yang dibangunkan untuk mendeteksi dan menemukan perbedaan antara aktual dan yang dirancang atau diperlukan atau dituntut atau diharapkan. Tujuan utama pengujian perangkat lunak adalah untuk memastikan tidak ada kesalahan dengan ekspektasi yang diharapkan yang tertuang dalam rencana dan perancangan yang telah dibuat dan disetujui sebelumnya. Jadi jika kita gagal dalam melakukan pengujian perangkat lunak maka yang terjadi adalah kita tidak dapat menemukan kesalahan dan tidak dapat menyesuaikan perangkat lunak kita sesuai dengan yang dirancang atau diperlukan atau dituntut atau diharapkan sebelumnya.

    • KRISDIANTO

      Nama : Krisdianto
      Nim : C1555201014
      Kelas : TI A
      Smstr : V (Lima)

      “CATATAN”
      (“Pengujian berfungsi untuk mencari atau mengetahui kesalahan apa saja yang ada dalam suatu perangkat lunak, misalnya sering terjadi kegagalan log in oleh user, tidak tepatnya informasi yang diberikan, dan terdapat banyak error di sistemnya.”)dst…….

      “Jawaban Dari Soal” :
      1. Yang akan terjadi jika pengujian perangkat lunak semakin lama dilakukan adalah :
      * Biaya untuk membayar “Tim Tester” akan semakin besar
      * Adanya perbaikan yang disarankan oleh tim tester kepada programmer
      * Programmer gagal dalam membuat program
      * Kemungkinan perangkat lunak tidak dapat digunakan
      2. Jika Kita Gagal dalam melakukan pengujian Perangkat lunak maka yang akan terjadi adalah :
      * Tidak ada kesalahan yang terjadi pada perangkat lunak
      * Tidak ada perbaikan lagi oleh programmer yang membuat perangkat lunak tersebut
      * Tidak ada cacat pada perangkat lunak
      * perangkat lunak dapat berfungsi sebagaimana mestinya
      * Tidak ada error yang ditemukan
      * Perangkat lunak sudah siap digunakan
      * Programmer berhasil dalam membuat perangkat lunak.

      TERIMAKASIH…!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *