Siapa yang membuat bit coin?

Cuman ada nama, Satoshi Nakamoto. Orangnya ga diketahui identitasnya…

Bagaimana cara bitcoin disebar?
Bitcoin dicreate dari para miner/maintainer. Miner mendapatkan fee setiap kali memvalidasi transaksi yang dibroadcast ke blockchain (database transaksi). Fee tersebut berupa bitcoin yang baru terbentuk. Disinilah money creation bitcoin terjadi.

Apa beda transaksi bitcoin dg mata uang biasa dalam transaksi online?
Transaksi online biasa
-Transaksi online biasa tersentralisasi alias ada orang ketiga/institusi terpusat yang memegang dan memaintain ledger/database/record transaksi tersebut.

-Database tersebut tidak bisa diakses/dilihat semua orang kecuali si orang ketiga/institusi tersebut.

-Transaksi tersebut bisa direverse/dibalik dan databaseny bisa dimanipulasi.

Transaksi Bitcoin
– Transaksi bitcoin desentralisasi dan peer-2-peer, artinya transaksi diproses oleh konsensus miner di seluruh dunia. Transaksi ente dicatat ke dalam sebuah ledger/database besar yang namanya blockchain.

– Blockchain ini memuat semua transaksi di seluruh dunia dari awal bitcoin diciptakan dan bisa diakses oleh siapapun seluruh dunia, terdistribusi ke seluruh miner, tanpa terpusat.

– Blockchain tidak bisa dimanipulasi dan transaksinya irreversible (tidak bisa dibalik). Untuk bisa menciptakan 1 transaksi palsu yang valid di blockchain, dibutuhkan resource yang sangat besar, kira2 kalau sekarang 1 triliunan dollar, karena harus mengulang dari awal seluruh transaksi di blockchain dari awal bitcoin diciptakan.

Apakah ada kamungkinan harga bitcoin jatuh, karena hanya hype semata?
Batu akik ama bunga tulip bersifat lokal, sedangkan bitcoin global dan penggunaannya juga global. Chance untuk harganya jatuh seperti hype batu akik lebih kecil…

Semoga bisa membantu..
Beberapa video yang bisa menjelaskan lebih rinci:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *