Minimalis itu adalah mindest sebenarnya.

Dalam menjalani hidup di era digital ini, usahakan selalu untuk tetap fokus pada hal-hal utama dan kurangi hal-hal yang nggak penting. Susah nggak sih?

Susah banget awalnya. Coba aja dipikir. Bangun tidur kita ngapain? pegang hape. Di situ bisa dilihat banyak notifikasi. Social media, situs berita, YouTube, dll. Akhirnya kita jadi FOMO (Fear of Missing Out) padahal yang benar kita harusnya JOMO (Joy of Missing out).

semoga beberapa hal hal berikut ini bisa membantu kita menjadi orang yang minimalis :

1. Bereskan barang-barang yang sudah tidak terpakai
Yang terpenting adalah barang tersebut adalah barang yang benar-benar kamu butuhkan. So, segera rapikan barang-barangmu yang memang tidak terpakai dan berikanlah kepada orang yang lebih membutuhkan,

2. Fokus kepada kebutuhan
mulailah fokus membeli barang-barang yang benar-benar dibutuhkan saja.

3. Nikmatilah sesuatu tanpa terobsesi secara berlebihan
banyak sekali orang yang terobsesi dengan kemewahan mulai dari tas, pakaian sampai gadget yang harus selalu up to date agar bisa membuat perasaan bahagia. Padahal sejatinya kebahagian bukan hanya terletak pada apa yang dimiliki. Maka dari itu pada saat kamu meninginkan barang tertentu pikirkanlah kembali apakah barang tersebut benar-benar kamu butuhkan atau hanya kamu inginkan saja.

4. Kebahagian bukan terletak pada materi semata
Cobalah merubah mindsetmu dengan menerapkan hidup minimalis bahwa kamu sudah memiliki cukup barang dan tidak perlu lagi membeli barang yang tidak diperlukan. Terkadang barang-barang yang berlebihan hanya akan menambah beban baik secara fisik maupun emosional.

5. Barang yang dimiliki harus sesuai dengan kebutuhan bukan sebagai simbol kekayaan

masih ada lanjutannya klik disini tips mengawali hidup menjadi seorang minimalis (2)

ref :

https://kumparan.com/fajar-widi/5-tips-gaya-hidup-minimalis-1536574280554132606

https://www.idntimes.com/life/inspiration/anisa-lestari/5-cara-sederhana-memulai-gaya-hidup-minimalis-c1c2