kuliah kuliahweb 35 Comments

Tugas teori pemrograman web

Jelaskan fungsi dan cara kerja dari

tag <!DOCTYPE HTML> kemudia tag <HEAD> dan tag <DIV> tulis jawaban anda pada kolom komentar dibawah ini .

Apabila ada yang ingin ditanyakan, tanyakan pada kolom komentar dibawah ini

35 thoughts on “Tugas teori pemrograman web

  • Pingback: Tugas Pemrograman WEB S1.SI – Rommi Kaestria

  • SARIPUDIN

    Nama : Saripudin
    Nim : C1557201052
    Kelas : B

    Tag adalah sesuatu yang digunakan untuk menandai elemen-elemen dalam suatu dokumen HTML. Tag dalam HTML terdiri dari tanda lebih kecil ( ), dan garismiring ( / ). Biasanya Tag dituliskan secara berpasangan, misanya dan . Tag yang tidak menggunakan garis miring ( / ) adalah Tag pembuka atau awal elemen. Sedangkan yang Tag yang mengandung garis miring ( / ) adalah penutup elemen atau akhir elemen. Namun, ada juga Tag yang dalam pemakaiannya tidak berpasangan, diantaranya adalah :

    Tag untuk ganti paragraph yaitu
    Tag untuk ganti baris atau line break yaitu
    Tag untuk garis datar yaitu
    Tag list item yaitu

  • elisa triana

    Nama : Elisa Triana
    Nim : C1557201069
    Kelas : SI-B
    1) tag Tag label dalam HTML berfungsi sebagai awal dari setiap dokumen HTML, tag ini berfungsi untuk menginformasikan dan pada browser bahwa dokumen yang sedang dibuka adalah dokumen HTML. Tag ini
    perlu dicantumkan disetiap dokumen HTML yang akan anda buat. pelengkap keterangan untuk beberapa objek form seperti radio atau checkbox. Selain memberikan keterangan, tag label juga memudahkan penggunan dalam memasukkkan data (membuat form menjadi user friendly).Secara tampilan, tag label tidak akan berpengaruh apa-apa di dalam form (kecuali anda mengubahnya menggunakan CSS). Sehingga tanpa atau dengan tag label, anda tidak akan melihat perbedaannya.
    2) tag menyimpan berbagai informasi tentang dokumen HTML, lebih detailnya akan kita temui pada bab selanjutnyauntuk mengapit berbagai macam fungsi dan informasi yang berkenan dengan halaman web yang bersangkutan. Tag berfungsi untuk mengapit kalimat yang menjadi judul dari halaman web tersebut. Kode yang di tulis dengan huruf tebal merupakan penambahan tag head dan title. Coba simpan terlebih dahulu kode di atas.Coba lihat pada bagian Title Bar Browser anda. Sebelumnya Title Bar Browser anda tidak menampilkan judul sebuah halaman yang di tulis dan sesudahnya Title Bar Browser anda Menunjukkan adanya judul Karya Pertamaku. kode yang di simpan sesudah tag dan sebelum tag , tidak akan di tampilkan pada halaman browser anda.
    3) tag dalam satu kesatuan tertentu menggunakan tag …. Biasanya, tag ini digunakan untuk mengelompokkan bagian header, content, sidebar, footer, dan lainnya secara terpisah namun dalam satu tampilan tertentu.
    Sebagai contohnya, saat kita membuka sebuah halaman website atau blog. Maka kita akan dipertemukan dengan tampilan yang biasanya berisi logo, slogan, nama website, menu dan lainnya pada bagian atas. Nah, elemen tersebut biasanya dikelompokkan dalam sebuah tag bernama Division (Div).Div biasanya digunakan untuk membuat layer yang akan memudahkan kita untuk membuat layout sesuai dengan design yang di inginkan. Untuk membuat layer kita menggunakan tag Div dan diberi atribut ID ataupun Class.Penggunaan ID dan Class Setiap tag sebenarnya bisa saja diberikan atribut ID ataupun Class. Namun penggunaan atribut ini secara lumrah digunakan untuk tag pengelompokan yakni pada Div. Atribut ini digunakan untuk penamaan elemen pada HTML yang memiliki karakteristik yang unik atau berbeda. Tidak diperkenankan ada dua elemen yang memiliki ID yang sama. Salah penggunaan ID, maka akan berdampak pada hasil tampilan web itu .

  • LABUJA

    1. TAG DOCTYPE
    adalah suatu deklerasi yang digunakan untuk mengidentifikasi jenis dokumen HTML yang digunakan sehingga browser dapat menentukan bagaimana memperlakukan kode tersebut.

    DOCTYPE sendiri berguna untuk memberitahu programer, HTML versi berapa yang digunakan dan juga membantu programer untuk dapat menggunakan tag-tag HTML dengan benar.

    2. TAG HEAD
    Kepala dari dokumen HTML.
    Digunakan untuk memberikan informasi tentang dokumen tersebut.

    3. TAG DIV
    Biasanya, tag ini digunakan untuk mengelompokkan bagian header, content, sidebar, footer, dan lainnya secara terpisah namun dalam satu tampilan tertentu.

    Sebagai contohnya, saat kita membuka sebuah halaman website atau blog. Maka kita akan dipertemukan dengan tampilan yang biasanya berisi logo, slogan, nama website, menu dan lainnya pada bagian atas. Nah, elemen tersebut biasanya dikelompokkan dalam sebuah tag bernama Division (Div).

    Div biasanya digunakan untuk membuat layer yang akan memudahkan kita untuk membuat layout sesuai dengan design yang di inginkan. Untuk membuat layer kita menggunakan tag Div dan diberi atribut ID ataupun Class.

  • Hadi Krisvansi gantinu.G

    1. Tag label dalam HTML berfungsi sebagai pelengkap keterangan untuk beberapa objek form seperti radio atau checkbox. Selain memberikan keterangan, tag label juga memudahkan penggunan dalam memasukkkan data (membuat form menjadi user friendly).
    2. tag Digunakan untuk memberikan informasi atau nama tentang dokumen tersebut yang telah kita buat.
    3. tag Div biasanya digunakan untuk membuat layer yang akan memudahkan kita untuk membuat layout sesuai dengan design yang di inginkan. Untuk membuat layer kita menggunakan tag Div dan diberi atribut ID ataupun Class.

  • juni iskandar

    NAMA :JUNI ISKANDAR
    NIM:C1557201065
    MATKUL:PEROGRAM WEB

     TagAdalah Tag awal dari setiap dokumen HTML, tag ini berfungsi menginformasikan pada browser bahwa dokumen yang sedang dibuka adalah dokumen HTML. Tag ini perlu dicantumkan disetiap dokumen HTML yang akan anda buat di html.
     Taguntuk mengapit berbagai macam fungsi dan informasi yang berkenan dengan halaman web yang bersangkutan. Tag berfungsi untuk mengapit kalimat yang menjadi judul dari halaman web tersebut. Kode yang di tulis dengan huruf tebal merupakan penambahan tag head dan title. Coba simpan terlebih dahulu kode di atas.Coba lihat pada bagian Title Bar Browser anda. Sebelumnya Title Bar Browser anda tidak menampilkan judul sebuah halaman yang di tulis dan sesudahnya Title Bar Browser anda Menunjukkan adanya judul Karya Pertamaku. kode yang di simpan sesudah tag dan sebelum tag , tidak akan di tampilkan pada halaman browser anda.
     Tag digunakan untuk membuat layer yang akan memudahkan kita untuk membuat layout sesuai dengan design yang di inginkan. Untuk membuat layer kita menggunakan tag Div dan diberi atribut ID ataupun Class. Tag mendeklarasikan sebuah section dan division pada suatu dokumen HTML.

  • ADE KRISTANTO

    1.
    Deklarasi digunakan untuk menginformasikan browser pengunjung situs web bahwa dokumen yang diberikan adalah dokumen HTML. Meskipun sebenarnya bukan elemen HTML itu sendiri, setiap dokumen HTML harus disertakan dengan deklarasi DOCTYPE agar sesuai dengan standar HTML.
    2. Tag
    Digunakan untuk memberikan informasi tentang dokumen tersebut. Tag
    dapat membuat suatu group dari tag-tag HTML yang anda buat dengan
    menggunakan tag , seperti pada contoh kasus berikut :
    Setiap website/weblog yang anda buka, jika diperhatikan pasti memiliki empat
    3. Tag
    penggunaan tag adalah sebagai container atau pembatas satu struktur HTML dengan struktur lainnya. Tag Div menunjukkan division (divisi atau bagian), yaitu generik blok konten yang dapat digunakan sebagai kontainer (penampung) untuk meng-group beberapa elemen menjadi satu.

  • NICO TA'DUNG

    1. Tag
    DOCTYPE atau document type declaration (DTD) adalah sebuah keterangan yang ditulis untuk memberitahu web browser tentang aturan penulisan dari dokumen yang sedang ditampilkan. doctype ditulis pada baris pertama halaman HTML.
    Cara Penulisan pada HTML Doctype dalam HTML5 bersifat case-insensitive, yang tidak membedakan penulisan dengan huruf besar maupun huruf kecil. Penulisan dianggap sama dengan . Akan tetapi karena faktor kebiasaan, anda akan menemukan penulisan dengan huruf besar lebih sering digunakan.
    2. Tag
    Tag Header akan berfungsi sebagai tanda pengenal pada halaman yang akan dibuat. untuk mendifinisikan header dalam tag HTML maka harus menambahkan dan dan akan menjadi seperti berikut ini

    3. tag
    tag digunakan untuk menampung beberapa element menjadi satu kelompok. div menunjukkan division (divisi atau bagian), yaitu generik blok konten yang dapat digunakan sebagai kontainer (penampung) untuk meng-group beberapa elemen menjadi satu. HTML element dapat dijadikan “wadah” untuk menempatkan beberapa elemen menjadi satu bagian, yang penggunaannya ditujukan untuk mempermudah aplikasi style dengan CSS dan perlakuan khusus lainnya yang kemudian dapat diberi atribut class, id, title dan lain sebagainya. HTML element tidak memiliki arti khusus atau lebih dikenal dengan elemen yang tidak memiliki arti semantik (semantic meaning). Tag tag mencakup global attributes, yang artinya tag tersebut dapat disisipkan semua attributes yang termasuk dalam global attributes yang secara umum berlaku untuk semua HTML tags.
    Berikut cara kerja dari tag :
    Tag mencakup event attributes, yang artinya attribute tersebut dijalankan ketika ada interaksi dari user atau dalam suatu peristiwa (kejadian). Contoh: menjalankan script (JavaScript) ketika halaman web pada jendela browser hendak ditutup, dan lain sebagainya

  • Alpeno

    1. tag Mendefinisikan tipe atau jenis dokumen.
    Fungsi tag :Digunakan untuk Mendefinisikan informasi tipe dokumen, Doctype memiliki sejarang yang panjang dan rumit
    Cara kerja Doctype memberitahu browser untuk menerjemahkan kode HTML dan CSS sesuai dengan standar.
    2. Tag
    Tag yaitu Menyisipkan bagian head pada sebuah html.
    Fungsi dari tag yaitu Mendefinisikan sebuah section dalam dokumen

    3. Tag
    Tag mencakup event attributes, yang artinya attribute tersebut dijalankan ketika ada interaksi dari user atau dalam suatu peristiwa (kejadian). Contoh: menjalankan script (JavaScript) ketika halaman web pada jendela browser hendak ditutup, dan lain sebagainya.

  • FITRIANI

    TUGAS PEMROGRAMAN BERBASIS WEB
    NAMA : FITRIANI
    NIM : C1557201054
    KELAS : SI-B

    1. Fungsi dari adalah tag ini berfungsi untuk menginformasikan
    pada browser bahwa dokumen yang sedang dibuka adalah dokumen HTML. Tag awal dari setiap dokumen HTML, tag ini juga perlu dicantumkan disetiap dokumen HTML yang akan anda buat. suatu deklarasi yang digunakan untuk mengidentifikasi jenis dokumen HTML yang digunakan sehingga browser dapat menentukan bagaimana memperlakukan kode tersebut, sendiri berguna untuk memberitahu programer, HTML versi berapa yang digunakan dan juga membantu programer untuk dapat menggunakan tag-tag HTML dengan benar.
    2. Tag adalah suatu penanda untuk menandai elemen-elemen dalam suatu dokumen HTML dan Fungsi Tag adalah untuk memberikan instruksi atau memberitahu kepada browser bagaimana suatu objek di tampilkan berdasarkan Tag yang di gunakan, objek disini bisa berupa teks, video, audio dan gambar. Tag itu berada diantara dua karakter dengan demikian perintah tersebut dapat dikenali oleh browser dan memberitahu web browser bagaimana suatu objek ditampilkan. Secara umum penggunaan tag pada HTML itu berpasang- pasangan dimulai dengan Isi dari konten , namun ada juga tag yang dalam penulisannya berdiri sendiri seperti tag tersebut disebut dengan Void Element.
    3. Fungsi dari … adalah … akan digunakan untuk menyimpan berbagai informasi tentang dokumen HTML yang terdapat di dalam tag ini, tidak akan ditampilkan secara langsung pada web browser. wadah untuk semua elemen kepala. TAG dapat mencakup judul untuk dokumen, script, Style, meta, dan masih banyak lagi. Penjelasan singkat mengenai elemen dan atribut yang biasanya digunakan pada elemen HTML head : Elemen HTML script – Digunakan sebagai tempat penulisan script tambahan, biasanya javascript. Elemen HTML meta – Digunakan untuk menyediakan metadata tentang dokumen HTML. Metadata bisa berupa deskripsi, kata kunci atau lainnya.

  • SUSAN CRISTIANI OKTAVIA

    1. Tag
    Tag DOCTYPE HTML ini untuk membuat dokumen HTML, DOCTYPE html adalah sebuah instruksi atau pemberitahuan ke web browser tentang versi HTML pada halaman yang di maksud. TAG didukung di semua browser utama seperti Chrome, Firefox, Safari, Opera, dan Internet Explorer. tag tidak memiliki tag akhir. Dan deklarasi tidak case sensitive yang berarti tidak membedakan huruf besar dan kecil.

    2. Tag
    Tag Head digunakan untuk menyimpan berbagai informasi tentang dokumen HTML. tag dapat mencakup judul untuk dokumen, script, Style, meta. Tag berfungsi untuk mengapit kalimat yang menjadi judul dari halaman web tersebut.
    3. Tag
    Tag ini untuk membuat dokumen HTML lebih terstruktur dengan membagi dokumen ke dalam bagian yang lebih spesifik. Div biasanya digunakan untuk membuat layer yang akan memudahkan kita untuk membuat layout sesuai dengan design yang di inginkan. Untuk membuat layer kita menggunakan tag Div dan diberi atribut ID ataupun Class. Atribut ID digunakan untuk penamaan elemen HTML yang memiliki karakteristik unik atau berbeda, tidak boleh menggunakan ID yang sama. Sedangkan Class digunakan untuk penamaan elemen yang memiliki karakteristik sama dan dapat digunakan berulang kali.

    • Monique Aulia

      Tag
      Mendefinisikan tipe dokumen dan tag awal dari setiap dokumen html, tag ini berfungsi untuk menginformasikan pada browser bahwa dokumen yang sedang dibuka adalah dokumen html. Tag ini perlu dicantumkan disetiap dokumen html yang akan anda buat, doctype juga adalah deklarasi intruksi untuk web browser tentang versi keberapa dokumen html ditulis. Doctype memberitahi browser untuk menerjemahkan kode html dan css sesuai dengan standar W3C dan tidak berpura-pura untuk berlaku sebagai internet explorer yang berasal dari tahun 90 an.

      Tag
      Mendefinisikan informasi mengenai sebuah dokumen, tag head juga digunakan untuk menyimpan berbagai informasi tentang dokumen html, lebih detailnya akan kita temui pada web selanjutnya. Apa yang terdapat pada tag ini, tidak akan di tampilkan secara langsung pada web browser.
      _
      Salah satu contoh informasi yang terdapat didalam tag head adalah title, title akan menampilkan teks pada judul browser atau pada tab browser.

      Tag
      Mendefinisikan sebuah bagian didalam sebuah dokumen, tag ini digunakan untuk mengelompokkan bagian header, content, sidebar, footer, dan lainnya secara terpisah namun dalam satu tampilan sebagai contohnya, saat kita membuka sebuah halaman website atau blog, maka kita akan dipertemukan dengan tampilan yang biasanya berisi logo, slogan, nama website, menu dan lainnya pada bagian atas. Div juga digunakan untuk membuat layer yang akan memudahkan kita untuk membuat layout sesuai dengab design yang diinginkan. Untuk membuat layer kita menggunakan tag div dan di beri atribut ID ataupun Class.

  • Brim Novioga

    1.TAG
    TAG !DOCTYPE adalah suatu deklerasi yang digunakan untuk mengidentifikasi jenis dokumen HTML yang digunakan sehingga browser dapat menentukan bagaimana memperlakukan kode tersebut.
    Ada beberapa jenis dari tipe DOCTYPE ini. Dan deklarasi DOCTYPE html PUBLIC “-//W3C//DTD XHTML 1.0 Strict//EN” “http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-strict.dtd&#8221;; adalah jenis XHTML Strict 1.0 yang mana dokumen dengan deklarasi tersebut kode HTMLnya akan diperlakukan dengan sangat ketat sesuai dengan rekomendasi dari W3C.
    Dilain pihak element tabel berdasarkan rekomendasi dari W3C hanya digunakan untuk menampilkan data terstruktur bukan untuk mengatur tampilan dari dokumen. Hal ini lah yang kemudian menyebabkan di Mozilla tidak ditampikan sesuai dengan seharusnya. Dan mengapa di IE tidak bermasalah, karena browser ini terutama untuk versi 6 kebawah tidak mengikuti aturan dari w3C (Mungkin di IE 7 akan ditampilkan seperti pada mozilla, karena mulai versi ini telah mengikuti aturan standard).

    2.TAG
    TAG HEAD Digunakan untuk memberikan informasi tentang dokumen tersebut
    3. TAG
    TAG adalah tag yang tidak memiliki makna apa-apa. tag yang tidak bermakna ini malah menjadi salah satu tag yang paling sering digunakan untuk membuat struktur web, terutama tag . Tag yang tidak memiliki style bawaan (tidak memiliki efek tampilan apa-apa), dapat dengan mudah diubah menggunakan CSS. Biasanya tag menggunakan atribut id sebagai pembeda antara tag yang satu dengan yang lainnya.
    Contoh paling umum untuk penggunaan tag adalah sebagai container atau pembatas satu struktur HTML dengan struktur lainnya.

  • Hai Greisias

    Tag dan atribut pada HTML sebenarnya saling berkaitan, hanya saja disini atribut memiliki tugas khusus untuk memberikan informasi atau sifat tambahan yang akan diberikan kepada tag dan elemen yang mengandung atribut tersebut.
    1. tag
    Fungsi :Digunakan untuk Mendefinisikan informasi tipe dokumen, Doctype memiliki sejarang yang panjang dan rumit
    Cara kerja Doctype memberitahu browser untuk menerjemahkan kode HTML dan CSS sesuai dengan standar
    2. tag
    Funfsi : Digunakan untuk memberikan informasi tentang dokumen tersebut.
    Cara kerja tag ini yaitu tidak ditampilkan secara langsung pada web browser.
    3. tag
    Fungsi :Diguanakan untuk Mendefinisikan sebuah section dalam dokumen.
    Cara kerja div menunjukkan division (divisi atau bagian), yaitu generik blok konten yang dapat digunakan sebagai kontainer (penampung) untuk meng-group beberapa elemen menjadi satu yang penggunaannya ditujukan untuk mempermudah aplikasi style dengan CSS dan perlakuan khusus lainnya yang dapat diberi atribut class, id, title dan lain sebagainya.

  • Ahmad Riono

    DOCTYPE HTML merupakan Tag paling awal dari setiap dokumen HTML, yang berfungsi untuk menginformasikan
    pada browser bahwa dokumen yang sedang dibuka adalah dokumen HTML. Tag ini
    perlu dicantumkan disetiap dokumen HTML yang akan anda buat.
    DOCTYPE sendiri berguna untuk memberitahu programer, HTML versi berapa yang digunakan dan juga membantu programer untuk dapat menggunakan tag-tag HTML dengan benar.

    HEAD sendiri merupakan tag yang digunakan untuk menyimpan berbagai informasi tentang dokumen HTML, apa yang ditampilkan pada tag ini tidak akan ditampilkan secara langsung pada web browser .

    DIV meeupakan tag yang digunakan untuk membuat layer yang akan memudahkan kita untuk membuat layout sesuai dengan design yang di inginkan. Untuk membuat layer kita menggunakan tag Div dan diberi atribut ID ataupun Class.
    Div sendiri berfungsi sebagai container atau pembatas satu struktur HTML dengan struktur lainnya.

  • Izhar Maulani

    1.
    Adalah tag awal dari setiap dokumen HTML, tag ini berfungsi untuk menginformasikan pada browser bahwa dokumen yang sedang dibuka adalah dokumen HTML. Tag ini perlu dicanumkan disetiap dokumen HTML yang akan dibuat.
    2.
    tag head akan digunakan untuk menyimpan berbagai informasi tentang dokumen HTML, apa yang terdapat didalam tag ini, tidak akan ditampilkan secara langsung pada web browser
    3.
    div adalah sebagai container atau pembatas satu struktur HTML dengan struktur lainnya.

  • Eri Saputra

    DOCTYPE adalah suatu deklerasi yang digunakan untuk mengidentifikasi jenis dokumen HTML yang digunakan sehingga browser dapat menentukan bagaimana memperlakukan kode tersebut.
    DOCTYPE sendiri berguna untuk memberitahu programer, HTML versi berapa yang digunakan dan juga membantu programer untuk dapat menggunakan tag-tag HTML dengan benar.
    Penulisan doctype pada HTML5 sederhana. Berikut adalah cara penulisan doctype untuk HTM5:

    Sangat singkat dan lebih mudah diingat. Hal ini karena HTML5 tidak lagi bagian dari bahasa SMGL yang mengharuskan penulisan doctype berserta alamat DTD-nya (sebagaimana versi HTML sebelumnya). Malah sebenarnya HTML5 tidak membutuhkan penulisan doctype sama sekali (opsional).
    Akan tetapi, jika web browser menampilkan sebuah dokumen HTML yang ditulis tanpa doctype, web browser akan masuk kedalam tampilan yang dinamakan “quirk mode”. Quirk mode adalah sebuah fitur dalam web browser dimana halaman web ditampilkan secara berbeda. Sebuah halaman tanpa doctype dianggap halaman HTML ‘usang‘ dan perlu perlakuan khusus untuk menampilkannya.
    Fitur “quirk mode” memiliki banyak bug, sehingga mau tidak mau HTML5 tetap menggunakan doctype, tetapi dengan versi sesederhana mungkin agar web browser tidak masuk ke dalam mode ini dan menampilkannya secara normal (standard mode).
    Doctype dalam HTML5 bersifat case-insensitive, yang tidak membedakan penulisan dengan huruf besar maupun huruf kecil. Penulisan dianggap sama dengan . Akan tetapi karena faktor kebiasaan, anda akan menemukan penulisan dengan huruf besar lebih sering digunakan.

    Tag Digunakan untuk memberikan informasi tentang dokumen tersebut
    Tag digunakan untuk bagian halaman web yang merupakan header,tag ini bisa muncul lebih dari 1 kali, tergantung kebutuhan. Bagian atas web dimana kita meletakkan logo dan judul situs adalah tempat terbaik untuk tag . Namun di bagian atas artikel dinama terdapat judul dan sub judul artikel juga bisa di ‘bungkus‘ dengan tag .

    tag ini digunakan untuk mengelompokkan bagian header, content, sidebar, footer, dan lainnya secara terpisah namun dalam satu tampilan tertentu.
    Sebagai contohnya, saat kita membuka sebuah halaman website atau blog. Maka kita akan dipertemukan dengan tampilan yang biasanya berisi logo, slogan, nama website, menu dan lainnya pada bagian atas. Nah, elemen tersebut biasanya dikelompokkan dalam sebuah tag bernama Division (Div).
    Div biasanya digunakan untuk membuat layer yang akan memudahkan kita untuk membuat layout sesuai dengan design yang di inginkan. Untuk membuat layer kita menggunakan tag Div dan diberi atribut ID ataupun Class.

  • ILHAM MOHAMMAD

    1. TAG
    Tag adalah suatu penanda untuk menandai elemen-elemen dalam suatu dokumen HTML dan Fungsi Tag adalah untuk memberikan instruksi atau memberitahu kepada browser bagaimana suatu objek di tampilkan berdasarkan Tag yang di gunakan, objek disini bisa berupa teks, video, audio dan gambar.
    Penggunaan Tag itu berada diantara dua karakter dengan demikian perintah tersebut dapat dikenali oleh browser dan memberitahu web browser bagaimana suatu objek ditampilkan. Secara umum penggunaan tag pada HTML itu berpasang- pasangan dimulai dengan Isi dari konten , namun ada juga tag yang dalam penulisannya berdiri sendiri seperti tag tersebut disebut dengan Void Element.
    TAG harus menjadi hal yang pertama dalam dokumen HTML 5, sebelum tag . TAG didukung di semua browser utama seperti Chrome, Firefox,Safari,Opera, dan Internet Explorer. Selalu tambahkan Deklarasi untuk dokumen HTML yang ingin dibuat, sehingga browser tahu versi dokumen yang dimaksud.

    2. TAG
    adalah suatu deklerasi yang digunakan untuk mengidentifikasi jenis dokumen HTML yang digunakan sehingga browser dapat menentukan bagaimana memperlakukan kode tersebut.
    sendiri berguna untuk memberitahu programer, HTML versi berapa yang digunakan dan juga membantu programer untuk dapat menggunakan tag-tag HTML dengan benar.

    3. TAG
    Tag adalah sebuah tag/code HTML untuk memperbesar sebuah tulisan. Biasanya heading tag digunakan dalam membuat judul sebuah document atau artikel. Heading tag sendiri memiliki 6 tingkatan yang dimulai dari 1 sampai 6,
    Heading 1 atau merupakan tingkatan paling besar, sementara heading 6 atau merupakan tingkatan paling kecil. Tag sangat disarankan untuk disertakan dalam semua dokumen HTML karena jika kita tidak sertakan bisanya akan mengakibatkan error, terlebih lagi jika browser yang kita pakai adalah browser lama.
    Tag berfungsi untuk mengapit berbagai macam fungsi dan informasi yang berkenan dengan halaman web yang bersangkutan.

    4. TAG
    Tag menunjukkan division (divisi atau bagian), yaitu generik blok konten yang dapat digunakan sebagai kontainer (penampung) untuk meng-group beberapa elemen menjadi satu.
    HTML element dapat dijadikan “wadah” untuk menempatkan beberapa elemen menjadi satu bagian, yang penggunaannya ditujukan untuk mempermudah aplikasi style dengan CSS dan perlakuan khusus lainnya yang kemudian dapat diberi atribut class, id, title dan lain sebagainya. HTML element tidak memiliki arti khusus atau lebih dikenal dengan elemen yang tidak memiliki arti semantik (semantic meaning).
    Div biasanya digunakan untuk membuat layer yang akan memudahkan kita untuk membuat layout sesuai dengan design yang di inginkan. Untuk membuat layer kita menggunakan tag Div dan diberi atribut ID ataupun Class. etiap tag sebenarnya bisa saja diberikan atribut ID ataupun Class. Namun penggunaan atribut ini secara lumrah digunakan untuk tag pengelompokan yakni pada Div.

  • Junaidi

    Tag(!DOCTYPE HTML)
    Adalah Tag awal dari setiap dokumen HTML, tag ini berfungsi untuk menginformasikan pada browser bahwa dokumen yang sedang dibuka adalah dokumen HTML. Tag ini perlu dicantumkan disetiap dokumen HTML yang akan anda buat.
    Tag head
    digunakan untuk menyimpan berbagai informasi tentang dokumen HTML, apa yang ditampilkan pada tag ini tidak akan ditampilkan secara langsung pada web browser .
    div menunjukkan division (divisi atau bagian), yaitu generik blok konten yang dapat digunakan sebagai kontainer (penampung) untuk meng-group beberapa elemen menjadi satu.
    Tag div
    HTML div element dapat dijadikan “wadah” untuk menempatkan beberapa elemen menjadi satu bagian, yang penggunaannya ditujukan untuk mempermudah aplikasi style dengan CSS dan perlakuan khusus lainnya yang kemudian dapat diberi atribut class, id, title dan lain sebagainya.
    HTML div element tidak memiliki arti khusus atau lebih dikenal dengan elemen yang tidak memiliki arti semantik (semantic meaning).

  • Muhammad Balya

    Adalah Tag awal dari setiap dokumen HTML, tag ini berfungsi untuk menginformasikan
    pada browser bahwa dokumen yang sedang dibuka adalah dokumen HTML. Tag ini perlu dicantumkan disetiap dokumen HTML yang akan anda buat.

    Tag akan digunakan untuk menyimpan berbagai informasi tentang dokumen
    HTML, Apa yang terdapat di dalam tag ini, tidak akan ditampilkan secara langsung pada web browser.

    Tag Anda dapat membuat suatu group dari tag-tag HTML yang anda buat dengan
    menggunakan tag , seperti pada contoh kasus berikut :
    Setiap website/weblog yang anda buka, jika diperhatikan pasti memiliki empat
    bagian/group. Keempat bagian/group ini antara lain :
    1. Header
    Bagian kepala website yang berisi logo website, nama website, slogan website,
    menu website dan lainnya.
    2. Content
    Berisi isi dari website itu sendiri, jika website berupa weblog, maka contentnya
    berisi postingan terbaru atau informasi lainnya.
    3. Sidebar
    Berada di samping Content dan biasanya berisi iklan, kategori artikel dan widget
    atau hiasan situs lainnya.
    4. Footer
    Bagian kaki dari website yang pada umumnya diisi dengan tag website tersebut,
    misalnya copyright © 2012 by someone.
    Lebih sederhananya, bayangkanlah Surat resmi yang memiliki Kop surat, badan surat
    dan penutup surat.
    Dalam HTML, kita dapat membagi bagian-bagian tersebut dengan menggunakan tag
    (division/bagian) dan untuk menamai setiap div kita gunakan atribut id atau class.
    Anda dapat membuat suatu group dari tag-tag HTML yang anda buat dengan
    menggunakan tag , seperti pada contoh kasus berikut :
    Setiap website/weblog yang anda buka, jika diperhatikan pasti memiliki empat
    bagian/group. Keempat bagian/group ini antara lain :
    1. Header
    Bagian kepala website yang berisi logo website, nama website, slogan website,
    menu website dan lainnya.
    2. Content
    Berisi isi dari website itu sendiri, jika website berupa weblog, maka contentnya
    berisi postingan terbaru atau informasi lainnya.
    3. Sidebar
    Berada di samping Content dan biasanya berisi iklan, kategori artikel dan widget
    atau hiasan situs lainnya.
    4. Footer
    Bagian kaki dari website yang pada umumnya diisi dengan tag website tersebut,
    misalnya copyright © 2012 by someone. Lebih sederhananya, bayangkanlah Surat resmi yang memiliki Kop surat, badan surat dan penutup surat. Dalam HTML, kita dapat membagi bagian-bagian tersebut dengan menggunakan tag (division/bagian) dan untuk menamai setiap div kita gunakan atribut id atau class.

  • Rerin Juanty

    Adalah Tag awal dari setiap dokumen HTML, tag ini berfungsi untuk menginformasikan

    pada browser bahwa dokumen yang sedang dibuka adalah dokumen HTML. Tag ini

    perlu dicantumkan disetiap dokumen HTML yang akan anda buat.

    Tag Head akan digunakan untuk menyimpan berbagai informasi tentang dokumen

    HTML, lebih detailnya akan kita temui pada bab selanjutnya. Apa yang terdapat di dalam

    tag ini, tidak akan ditampilkan secara langsung pada web browser.

    Tag ini digunakan untuk membuat dokumen HTML lebih terstruktur dengan membagi-bagi dokumen ke dalam bagianbagian yang lebih spesifik.

    Adalah Tag awal dari setiap dokumen HTML, tag ini berfungsi untuk menginformasikan

    pada browser bahwa dokumen yang sedang dibuka adalah dokumen HTML. Tag ini

    perlu dicantumkan disetiap dokumen HTML yang akan anda buat.

    Tag Head akan digunakan untuk menyimpan berbagai informasi tentang dokumen

    HTML, lebih detailnya akan kita temui pada bab selanjutnya. Apa yang terdapat di dalam

    tag ini, tidak akan ditampilkan secara langsung pada web browser.

    Tag ini digunakan untuk membuat dokumen HTML lebih terstruktur dengan membagi-bagi dokumen ke dalam bagianbagian yang lebih spesifik.

  • LIDYA SARI

    – tag adalah tag awal dari setiap dokumen HTML, tag ini berfungsi untuk menginformasikan pada browser bahwa dokumen yang sedang dibuka adalah dokumen HTML . tag ini perlu dicantumkan di setiap documen HTML yg akan dibuat .
    – Tag head digunakan untuk menyimpan berbagai informasi tentang dokumen HTML, apa yang ditampilkan pada tag ini tidak akan ditampilkan secara langsung pada web browser .
    – tag div akan dan untuk membuat suatu grop dari tag-tag HTML yang akan dibuat setiap div kita gunakan atribut id atau class5.
    ID
    Atribut ID digunakan untuk penamaan elemen HTML yang memiliki karakteristik
    unik/berbeda. Tidak boleh ada dua atau lebih elemen yang mempunyai ID yang sama.
    Class
    Class digunakan untuk penamaan elemen yang memiliki karakteristik/struktur sama dan
    dapat digunakan berulang kali dalam markup (Kode HTML).

  • CIKO WULANDARI

    1. tag adalah tag awal dari setiap dokumen HTML, tag ini berfungsi untuk menginformasikan pada browser bahwa dokumen yang sedang dibuka adalah dokumen HTML . tag ini perlu ditampilkan di setiap documen HTML yg dibuat .
    2. Tag head digunakan untuk menyimpan berbagai informasi tentang dokumen HTML, apa yang ditampilkan pada tag ini tidak akan ditampilkan secara langsung pada web browser .
    3. tag div (division/bagian) dan untuk menamai setiap div kita gunakan atribut id atau class5.
    ID
    Atribut ID digunakan untuk penamaan elemen HTML yang memiliki karakteristik
    unik/berbeda. Tidak boleh ada dua atau lebih elemen yang mempunyai ID yang sama.
    Class
    Class digunakan untuk penamaan elemen yang memiliki karakteristik/struktur sama dan
    dapat digunakan berulang kali dalam markup (Kode HTML).

  • CIKO WULANDARI

    1. tag adalah tag awal dari setiap dokumen HTML, tag ini berfungsi untuk menginformasikan pada browser bahwa dokumen yang sedang dibuka adalah dokumen HTML . tag ini perlu ditampilkan di setiap documen HTML yg dibuat .
    2. Tag head digunakan untuk menyimpan berbagai informasi tentang dokumen HTML, apa yang ditampilkan pada tag ini tidak akan ditampilkan secara langsung pada web browser .
    3. tag div (division/bagian) dan untuk menamai setiap div kita gunakan atribut id atau class5.
    ID
    Atribut ID digunakan untuk penamaan elemen HTML yang memiliki karakteristik
    unik/berbeda. Tidak boleh ada dua atau lebih elemen yang mempunyai ID yang sama.
    Class
    Class digunakan untuk penamaan elemen yang memiliki karakteristik/struktur sama dan
    dapat digunakan berulang kali dalam markup (Kode HTML).

  • Ratri Osalianti

    Tag
    Adalah Tag awal dari setiap dokumen HTML, tag ini berfungsi untuk menginformasikan pada browser bahwa dokumen yang sedang dibuka adalah dokumen HTML. Tag ini perlu dicantumkan disetiap dokumen HTML yang akan anda buat.
    Tag
    Tag Head akan digunakan untuk menyimpan berbagai informasi tentang dokumen HTML, lebih detailnya akan kita temui pada bab selanjutnya. Apa yang terdapat di dalam tag ini, tidak akan ditampilkan secara langsung pada web browser.
    Tag
    Tag ini hanya digunakan untuk membuat dokumen HTML lebih terstruktur dengan membagi-bagi dokumen ke dalam bagian-bagian yang lebih spesifik.
    Dalam HTML, kita dapat membagi bagian-bagian tersebut dengan menggunakan tag (division/bagian) dan untuk menamai setiap div kita gunakan atribut id atau class
    ID
    Atribut ID digunakan untuk penamaan elemen HTML yang memiliki karakteristik unik/berbeda. Tidak boleh ada dua atau lebih elemen yang mempunyai ID yang sama.
    Class
    Class digunakan untuk penamaan elemen yang memiliki karakteristik/struktur sama dan dapat digunakan berulang kali dalam markup (Kode HTML).

  • Rosalia Dwinanti

    1. Tag
    Adalah Tag awal dari setiap dokumen HTML, tag ini berfungsi untuk menginformasikan pada browser bahwa dokumen yang sedang dibuka adalah dokumen HTML. Tag ini perlu dicantumkan disetiap dokumen HTML yang akan anda buat.
    Contoh Penggunaan

    Selamat Belajar

    2. Tag
    Tag Head akan digunakan untuk menyimpan berbagai informasi tentang dokumen HTML, lebih detailnya akan kita temui pada bab selanjutnya. Apa yang terdapat di dalam tag ini, tidak akan ditampilkan secara langsung pada web browser.
    Contoh Penggunaan Tag

    Selamat Belajar

    3. Tag
    Tag ini hanya digunakan untuk membuat dokumen HTML lebih terstruktur dengan membagi-bagi dokumen ke dalam bagian-bagian yang lebih spesifik.
    Dalam HTML, kita dapat membagi bagian-bagian tersebut dengan menggunakan tag (division/bagian) dan untuk menamai setiap div kita gunakan atribut id atau class
    ID
    Atribut ID digunakan untuk penamaan elemen HTML yang memiliki karakteristik unik/berbeda. Tidak boleh ada dua atau lebih elemen yang mempunyai ID yang sama.

    Class
    Class digunakan untuk penamaan elemen yang memiliki karakteristik/struktur sama dan dapat digunakan berulang kali dalam markup (Kode HTML). Sebagai contoh, perhatikan kode HTML berikut :

    laptop
    Suara

  • NOR IHSANI

    Nama : Nor Ihsani
    Nim : C1557201058
    Kelas : SI.B

    Fungsi dan cara kerja Tag pada HTML :
    Tag adalah suatu tanda pengenal dokumen pada html yang terdiri 2 bagian yaitu tag pembuka contoh dan tag penutup contoh , tanda “/” pada tag penutup menandakan bahwa sifat yang dibawa oleh tanda pengenal berakhir. Namun ada beberapa Tag yang berdiri sendiri diantaranya : , , . Tag – tag ini bersifat unik karena tag ini tidak perlu menggunakan tag penutup.
    1.
    Berfungsi untuk mendefinisikan informasi tipe dokumen , memberi sebuah komentar atau keterangan. Proses deklarasi ini cukup dilakukan sekali saja saat dokumen HTML dijalankan.
    DOCTYPE adalah suatu deklerasi yang digunakan untuk mengidentifikasi jenis dokumen HTML yang digunakan sehingga browser dapat menentukan bagaimana memperlakukan kode tersebut.
    2.
    Untuk mendefinisikan tentang dokumen, menyisipkan bagian head pada sebuah html.\
    Elemen HTML head merupakan elemen sebagai tempat untuk meta data (kumpulan data tentang data). sangat disarankan untuk disertakan dalam semua dokumen HTML karena jika kita tidak sertakan bisanya akan mengakibatkan error, terlebih lagi jika browser yang kita pakai adalah browser lama. Meskipun saat ini pada HTML5 kita bisa menghilangkan penulisan tag ini, masih sangat disarankan untuk tetap menuliskan-nya.
    elemen dan atribut yang biasanya digunakan pada elemen HTML head.
    1. Elemen HTML title – Digunakan untuk memberikan judul pada halaman.
    2. Elemen HTML base – Digunakan untuk menentukan URL default dan target default untuk semua link pada halaman.
    3. Elemen HTML script – Digunakan sebagai tempat penulisan script tambahan, biasanya javascript.
    4. Elemen HTML meta – Digunakan untuk menyediakan metadata tentang dokumen HTML. Metadata bisa berupa deskripsi, kata kunci atau lainnya.
    5. Elemen HTML link – Digunakan untuk mendefinisikan link di dalam atau antara dokumen HTML dan juga untuk dokumen pada sumber eksternal (biasanya file CSS).
    Elemen HTML style – Digunakan untuk mendefinisikan informasi style untuk dokumen HTML.
    3.
    Div menunjukkan division (divisi atau bagian), yaitu generik blok konten yang dapat digunakan sebagai kontainer (penampung) untuk meng-group beberapa elemen menjadi satu.
    HTML element dapat dijadikan “wadah” untuk menempatkan beberapa elemen menjadi satu bagian, yang penggunaannya ditujukan untuk mempermudah aplikasi style dengan CSS dan perlakuan khusus lainnya yang kemudian dapat diberi atribut class, id, title dan lain sebagainya. Biasanya tag menggunakan atribut id sebagai pembeda antara tag yang satu dengan yang lainnya.
    HTML element tidak memiliki arti khusus atau lebih dikenal dengan elemen yang tidak memiliki arti semantik (semantic meaning). Biasanya, tag ini digunakan untuk mengelompokkan bagian header, content, sidebar, footer, dan lainnya secara terpisah namun dalam satu tampilan tertentu.
    Sebagai contohnya, saat kita membuka sebuah halaman website atau blog. Maka kita akan dipertemukan dengan tampilan yang biasanya berisi logo, slogan, nama website, menu dan lainnya pada bagian atas. Nah, elemen tersebut biasanya dikelompokkan dalam sebuah tag bernama Division (Div).

  • AHMAD RIFALDI

    1.
    merupakan instruksi yang berperan untuk mengidentifikasi versi HTML dari sebuah halaman yang terletak sebelum tag pembuka . bukan merupakan sebuah tag, tetapi memiliki peran yang sangat penting dalam dokumen HTML.

    Ada beberapa jenis deklarasi , tapi yang paling banyak digunakan sekarang adalah deklarasi untuk HTML5 yaitu . Pada HTML5 hanya menggunakan sedangkan untuk HTML 4.01 menggunakan 3 deklarasi .

    Contoh penggunaan deklarasi :

    Penggunaan DOCTYPE

    Isi konten

    2. Tag
    Elemen adalah wadah penampung untuk semua elemen . Digunakan untuk memberikan informasi tentang dokumen tersebut. Elemen wajib memasukkan elemen kedalam dokumen, dan bisa juga memasukkan beberapa elemen lain seperti , , , dan lain-lain.

    Elemen – elemen berikut dapat dimasukkan kedalam elemen :
    (elemen ini wajib berada di elemen )

    Contoh Penggunaan Tag

    Selamat Belajar

    3. Tag
    Div menunjukkan division (divisi atau bagian), yaitu generik blok konten yang dapat digunakan sebagai kontainer (penampung) untuk meng-group beberapa elemen menjadi satu.
    HTML element dapat dijadikan “wadah” untuk menempatkan beberapa elemen menjadi satu bagian, yang penggunaannya ditujukan untuk mempermudah aplikasi style dengan CSS dan perlakuan khusus lainnya yang kemudian dapat diberi atribut class, id, title dan lain sebagainya.
    HTML element tidak memiliki arti khusus atau lebih dikenal dengan elemen yang tidak memiliki arti semantik (semantic meaning).

    Contoh HTML dengan atribut id

    konten di dalam div

  • Novriani

    NOVRIANI

    Tag adalah sesuatu yang digunakan untuk menandai elemen-elemen dalam suatu dokumen HTML. Tag adalah sebuah tanda yang digunakan HTML untuk memberitahukan kepada web browser untuk apa fungsi dari sebuah teks. Tanda inilah yang dikenal dengan istilah Tag. Di dalam HTML semua tag yang ada ditulis secara berpasangan yakni tag pembuka dan tag penutup. Penulisan tag berada diantara dua buah kurung siku ().
    Tag berfungsi untuk mengapit berbagai macam fungsi dan informasi yang berkenan dengan halaman web yang bersangkutan.
    Tag mendeklarasikan sebuah section dan division pada suatu dokumen HTML. Tag mendefinisikan block-elemen untuk diformat dengan css.

  • Yuni Natalia

    Tag  adalah sebuah deklerasi atau untuk mengidentifikasi jenis dokumen HTML yang digunakan agar browser dapat menentukan bagaimana memperlakukan kode tersebut. Proses deklarasi ini cukup dilakukan sekali saja saat dokumen HTML dijalankan. Tag tugasnya adalah sebagai root, maksudnya semua tag yang berada didalam tag merupakan gambaran dari dokumen HTML.
    Tag tugasnya adalah memberikan informasi tentang dokumen, maksudnya didalam tag kita bisa menambahkan tag- tag yang biasanya digunakan untuk memberikan Informasi berupa penulis, judul dokumen, kata kunci pada dokumen dan masih banyak lagi informasi yang bisa di tambahkan pada tag ini.
    Tag digunakan untuk mengelompokkan bagian header, content, sidebar, footer, dan lainnya secara terpisah namun dalam satu tampilan tertentu. Sebagai contohnya, saat kita membuka sebuah halaman website atau blog. Maka kita akan dipertemukan dengan tampilan yang biasanya berisi logo, slogan, nama website, menu dan lainnya pada bagian atas. Nah, elemen tersebut biasanya dikelompokkan dalam sebuah tag bernama Division (Div). Div biasanya digunakan untuk membuat layer yang akan memudahkan kita untuk membuat layout sesuai dengan design yang di inginkan. Untuk membuat layer kita menggunakan tag Div dan diberi atribut ID ataupun Class.

  • MUHAMMAD FIRHANI

    1. TAG
    adalah suatu deklerasi yang digunakan untuk mengidentifikasi jenis dokumen HTML yang digunakan sehingga browser dapat menentukan bagaimana memperlakukan kode tersebut. TAG harus menjadi hal yang pertama dalam dokumen HTML 5, sebelum tag . TAG didukung di semua browser utama seperti Chrome, Firefox,Safari,Opera, dan Internet Explorer. Selalu tambahkan Deklarasi untuk dokumen HTML yang ingin dibuat, sehingga browser tahu versi dokumen yang dimaksud.

    berikut adalah contoh penggunaaan TAG

    Selamat Belajar

    TAG tidak memiliki TAG penutup

    2. TAG
    Tag sangat disarankan untuk disertakan dalam semua dokumen HTML karena jika kita tidak sertakan bisanya akan mengakibatkan error, terlebih lagi jika browser yang kita pakai adalah browser lama. Meskipun saat ini pada HTML5 kita bisa menghilangkan penulisan tag ini, masih sangat disarankan untuk tetap menuliskan-nya.TAG adalah wadah untuk semua elemen kepala.TAG dapat mencakup judul untuk dokumen, script, Style, meta, dan masih banyak lagi.
    Berikut penjelasan singkat mengenai elemen dan atribut yang biasanya digunakan pada elemen HTML head.
    Elemen HTML title – Digunakan untuk memberikan judul pada halaman.
    Elemen HTML base – Digunakan untuk menentukan URL default dan target default untuk semua link pada halaman.
    Elemen HTML script – Digunakan sebagai tempat penulisan script tambahan, biasanya javascript.
    Elemen HTML meta – Digunakan untuk menyediakan metadata tentang dokumen HTML. Metadata bisa berupa deskripsi, kata kunci atau lainnya.
    Elemen HTML link – Digunakan untuk mendefinisikan link di dalam atau antara dokumen HTML dan juga untuk dokumen pada sumber eksternal (biasanya file CSS).
    Elemen HTML style – Digunakan untuk mendefinisikan informasi style untuk dokumen HTML.

    contoh cara kerja TAG adalah seperti ini :

    Title of the document

    Berbeda dengan TAG TAG memiliki tag penutup yaitu .

    3. TAG
    TAG dapat dijadikan “wadah” untuk menempatkan beberapa elemen menjadi satu bagian, yang penggunaannya ditujukan untuk mempermudah aplikasi style dengan CSS dan perlakuan khusus lainnya yang kemudian dapat diberi atribut class, id, title dan lain sebagainya. TAG ini tidak memiliki arti khusus atau lebih dikenal dengan elemen yang tidak memiliki arti semantik (semantic meaning). TAG mencakup event attributes, yang artinya attribute tersebut dijalankan ketika ada interaksi dari user atau dalam suatu peristiwa (kejadian). Contoh: menjalankan script (JavaScript) ketika halaman web pada jendela browser hendak ditutup, dan lain sebagainya.

    contoh cara kerja TAG adalah seperti ini :

    WASPADALAH!

    Teks di dalam div

    penjelasan : pertama contoh diatas, memiliki attribute class text-danger, sedangkan kedua tidak memiliki class.

    sama halnya dengan TAG TAG juga memiliki tag penutup yaitu

  • Hafid Imaduddin

    Tag
    Adalah Tag awal dari setiap dokumen HTML, tag ini berfungsi untuk menginformasikan pada browser bahwa dokumen yang sedang dibuka adalah dokumen HTML. Tag ini perlu dicantumkan disetiap dokumen HTML yang akan anda buat.

    Tag
    berfungsi untuk mengapit berbagai macam fungsi dan informasi yang berkenan dengan halaman web yang bersangkutan. Tag berfungsi untuk mengapit kalimat yang menjadi judul dari halaman web tersebut. Kode yang di tulis dengan huruf tebal merupakan penambahan tag head dan title. Coba simpan terlebih dahulu kode di atas.Coba lihat pada bagian Title Bar Browser anda. Sebelumnya Title Bar Browser anda tidak menampilkan judul sebuah halaman yang di tulis dan sesudahnya Title Bar Browser anda Menunjukkan adanya judul Karya Pertamaku. kode yang di simpan sesudah tag dan sebelum tag , tidak akan di tampilkan pada halaman browser anda. Di tempat tersebut kita dapat memasukkan meta, style dan lain-lain.

    Tag
    Div biasanya digunakan untuk membuat layer yang akan memudahkan kita untuk membuat layout sesuai dengan design yang di inginkan. Untuk membuat layer kita menggunakan tag Div dan diberi atribut ID ataupun Class. Tag mendeklarasikan sebuah section dan division pada suatu dokumen HTML.

  • Husnul Khotimah

    Adalah Tag awal dari setiap dokumen HTML, tag ini berfungsi untuk menginformasikan
    pada browser bahwa dokumen yang sedang dibuka adalah dokumen HTML. Tag ini
    perlu dicantumkan disetiap dokumen HTML yang akan anda buat.

    Tag Head akan digunakan untuk menyimpan berbagai informasi tentang dokumen
    HTML, lebih detailnya akan kita temui pada bab selanjutnya. Apa yang terdapat di dalam
    tag ini, tidak akan ditampilkan secara langsung pada web browser.
    Dalam HTML, kita dapat membagi bagian-bagian tersebut dengan menggunakan tag
    (division/bagian) dan untuk menamai setiap div kita gunakan atribut id atau class5.
    ID
    Atribut ID digunakan untuk penamaan elemen HTML yang memiliki karakteristik
    unik/berbeda. Tidak boleh ada dua atau lebih elemen yang mempunyai ID yang sama.
    Class
    Class digunakan untuk penamaan elemen yang memiliki karakteristik/struktur sama dan
    dapat digunakan berulang kali dalam markup (Kode HTML).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *